-->
loading...

Perbedaan Dinding Habel dan Dinding Batako Pada Rumah Sederhana

Perbedaan Dinding Habel dan Dinding Batako Pada Rumah Sederhana

Perbedaan Dinding Habel dan Dinding Batako Pada Rumah Sederhana

Cara melihat suatu produk rumah dari masyarakat kita pada umumnya masih bertumpu pada bagaimana terlihat oleh mata. Jika itu adalah untuk melihat bagaimana keindahan design rumah maka tidak salah, namun jika digunakan untuk mengukur kuat atau tidaknya bangunan, serta untuk mengukur tingkat kenyamanan sebuah hunian, maka itu tidak tepat.

Ada pertanyaan yang sering muncul yaitu, apakah perbedaan rumah menggunakan tembok habel dengan menggunakan tembok batako ? Meski pertanyaan ini yang muncul orang tetap beranggapan bahwa penggunaan bata merah sebagai struktur dan tembok sebuah rumah adalah yang paling baik.

Dewasa ini jika bicara runah sederhana atau rumah perumahan kususnya, hanya ada bahan baku utama temboknya yaitu batako dan habel. Sudah sangat sulit kita menemukan menggunakan bata merah sebagai struktur temboknya. Kemudian apakah perbedaanya antara keduanya.

Batako dimata para customer perumahan memahaminya punya kualitas yang buruk, padahal banyak kelebihan yang dimiliki oleh batako. Kelebihan batako adalah jika digunakan untuk tembok akan menciptakan suhu ruangan rumah yang lebih adem dibandingkan habel. Kenapa? Karena bahan baku habel menggunakan campuran bahan kimia pengembang dan bersifat panas tidak menyerap udara dengan pori-porinya.

Habel lebih ringan dibandingkan dengan batako, maka secara kekuatan lebih ringan dari batako. Sedangkan batako yang menggunakan bahan baku mayoritas pasir akan mudah menyerap udara dengan pori-porinya. 

Sifat pasir utamanya yang bisa menyerap panas dengan baik lalu mengurainya membuat udara rungan dalam rumah menjadi lebih adem dan baik. Apalagi jika batako yang punya struktur bentuk berlubang dengan cara pasang yang diisi oleh adukan semen pasir maka akan menambah kokoh struktur dinding rumah. 

Kemudian jika menggunakan batako maka sudah dapat dipastikan akan diplester  dengan ketebalan tertentu sampai diperoleh tingkat kerataan dinding. Factor ini pula yang akan menambah kuat dinding (catatanya campuran perbandingan semen dan pasir dalam plesteran memang seimbang).

Perbedaan Habel dan Batako

Itulah kelebihan batako sebagai dinding, menciptakan udara yang lebih adem serta memiliki kekuatan struktur yang baik. Lalu bagaimana dengana habel, apa kelibihanya ? Kelebihan habel adalah cara pasanag yang lebih mudah, cepat dan daya ikat dengan semen lebih cepat. 

Disisi lain Habel memiliki bobot yang ringan maka akan sangat baik jika digunakan pada strukutr rumah di dinding lantai kedua. Namun dinding habel akan menciptakan suhu ruangan yang lebih panas dibandingan dinding batako atau bata merah. Untuk mendapatkan tingkat presisi yang baik , maka akan mudah didapatkan pada habel. 

Ciri habel yang baik adalah saat dilempar ke air kolam maka akan mengambang. Itu artinya habel mempunyai pori yang rapat, tingkat juga daya rekatnya baik. Dan kelebihan habel adalah saat sudah terpasang tidak perlu diplester dengan adukan, cukup langsung diaci dengan semen, sehingga kita akan menemukan efisiensi pekerjaan serta bahan baku. 

Tapi sekali lagi bahwa tingkat kedapnya udara dalam ruangan rumah juga dipengaruhi oleh design ruangan, seperti tinggi ruangan, luas ruangan dan ventilasi ruangan.

Jika kita sudah mengetahui kelebihan pokok dari batako dan habel, maka kita akan bisa menentukan rumah seperti apa yang akan kita pilih sesuai dengan harapan dan kenyamanan kita. Sekali lagi semua disesuaikan dengan design rumah, lokasi rumah tersebut berdiri pada daerah yang lingkunganya panas atau tidak.

Berapa lantai rumah yang kita pilih, lalu menggunakan atap yang seperti apa? atap cor, atap genteng tanah, atap genteng cor, atap asbes, atap pvc atau seng. Maka bijak menentukan pilihan adalah didasari dengan tingkat kemampuan yang kita miliki. Jangan memaksakan sesuatu yang berlebih hanya untuk menuruti gengsi.

Bahan baku akan tidak terlihat saat dinding bangunan sudah menjadi sebuah bangunan. Yang akan dirasakan adalah kenyamanan bangunan serta kekuatan struktur bangunan tersebut.

Yang paling pokok perbedaan antara dinding habel dan batako adalah harga habel lebih mahal daripada harga batako. Disisi lain jika menggunakan batako mempunyai biaya yang lebih besar dalam proses pembangunan, sedang habel lebih efisisen. Menggunakan batako mempunyai nilai proses pembangunan rumah yang lebih besar daripada habel.

Akan didapat biaya akhir yang tidak jauh berbeda dari semua bahan baku tersebut. Setiap individu memiliki alasan masing-masing, sehingga pengetahuan adalah salah satu pertimbangan untuk menentukan suatu pilihan.

Hubungi : 0813-8208-3768
email      : admin@instarumah.com
LihatTutupKomentar
loading...