-->
loading...

Perbedaan Rumah Minimalis dan Rumah Sedehana

Perbedaan Rumah Minimalis dan Rumah Sedehana

Apa perbedaan rumah minimalis dengan rumah sederhana? Pertanyaan ini selalu ada dibenak anda para calon customer yang akan membeli rumah untuk pertama kalinya atau bahkan yang sudah beberapa kali membeli rumah. Baik, pertama-tama kita harus dapat membedakan dulu pengertian rumah minimalis dengan rumah sederhana. 

Perbedaan pengertian minimalis dan sederhana. Serta mengenal jenis dan cici-ciri kategori rumah minimalis dan rumah sederhana. 


Yang dimaksud dengan minimalis adalah segala sesuatu yang bersifat sedikit atau terbatas dan dibatasi atau efisiensi. Sedang sederhana adalah sesuatu yang bersifat tidak berlebihan atau secukupnya sesuai kebutuhan. 

Nah, terus bagaimana jika itu digunakan pada rumah, yaitu rumah minimalis berarti rumah yang arsitekturnya didesign dengan terbatas atau bagian-bagian dari designya dibuat dengan batasan-batasan tertentu. Maka rumah sederhana secara arsitektur berarti rumah yang dibuat dengan sederhana tidak melebihi tingkat dan nilai dari konsep serta fungsi dari rumah tersebut. 

Jadi perbedaan antara rumah minimalis dengan rumah sederhana adalah terletak pada kualitas dari unit rumah tersebut. Untuk fungsi dari kedua pengertian rumah tersebut tidak banyak perbedaan.

Sama-sama memliki fungsi sebagai rumah yang sederhana sesuai dengan nilai ekonominya membuat sedikit mungkin tingkat fasilitas tambahan pada sebuah rumah. Tanpa meninggalakan atau membuang fungsi utama dari rumah tersebut. 

Maka kita bisa mengupas lebih lanjut pada satu titik perbedaan antara rumah minimalis dengan rumah sederhana yaitu pada kata kualitas. Kualitas yang dimaksud adalah mencakup pada bangunan, lingkungan, konsep perumahan, lokasi dan nilai dari rumah tersebut. Kita bahas satu persatu, bangunan pada rumah minimalis memiliki kualitas yang baik atau kw 2 minimalnya. 

Dari pemilihan bahan baku : bahan baku harus menggunakan bahan baku dengan kwalitas baik. Perbandingan pencampuran bahan baku harus seimbang untuk mendapatkan kekuatan bangunan yang baik. Struktur utama atau pondasi menggunakan pondasi baik bata atau batu, bukan sekedar menggunakan slup (yang pada umumnya digunakan pada unit perumahan blok deret, meskipun rumah yang dimaksud adalah rumah perumahan blok deret / perumahaan. 

Penggunaan bahan baku seperti kusen menggunakan kayu yang tidak mudah dimakan rayap atau lapuk karena air, dan jaman sekarang biasanya menggunakan aluminium. Keramik menggunakan keramik minimal kw 2 dengan tingkat presisi dan warna yang seragam. Rumah minimalis mempunyai tingkat kekuatan bangunan yang baik. 

Dari plesteran sampai pada tingkat kerataan tembok serta presisi dari setiap detail bagian bangunan. Menggunakan rangka atap baja ringan dengan ukuran ticknes minimal sedang, dengan genteng yang ringan tapi punya kualitas menutus yang baik.

Plafon untuk jenis rumah ini akan sangat baik jika menggunaka gypsum, kenapa gypsum karena rumah tersebut mempunyai resiko berubah struktur sangat kecil. Sebab saat menggunakan gypsum struktur berubah sedikit saja maka gypsum akan retak.  

Untuk ukuran rumah minimalis pada perumahan atau cluster biasa yang umum digunakan adalah type 30/60 artinya 30 meter persegi ukuran luas bangunan dan luas tanah 60 meter persegi. Pilihan yang baik untuk mempermudah penyempurnaan pengembangan rumah minimalis jika type 30/60 adalah lebar tanah 6 meter X panjang 10 meter.

Pada rumah minimalis untuk septy tank tidak perlu lagi merombak untuk menjadi lebih baik dan layak, baik secara struktur atau kubik volumenya. 

Secara umum rumah minimalis itu memiliki kwalitas siap ditempati atau siap dihuni tanpa harus ada perbaikan atau pengembangan terlebih dahulu. Untuk air bersih rumah minimalis benar-benar dipastikan terpenuhi baik dengan PAM atau sumur dengan kualitas air baik.

Jadi rumah benar-benar siap dihuni dengan tingkat kenyamanan yang sudah didapatkan. Maka untuk tingkat kwalitas bangunan rumah sederhana adalah segala yang tersebut pada rumah minimalis namun pemilihan bahanya dibawah standart yang digunakan pada rumah minimalis. 

Begitu pula pada cara membuat bangunan dan hasil bangunan tanpa mengindahkan kualitas serta estetika yang baik nyaman serta belum benar-benar siap dihuni. Dalam arti lain untuk rumah sederhana hanya mememnuhi tingkat rumah yang bisa ditempati dalam beberapa waktu saja yang mana pada saatnya yang singlkat rumah harus dilakukan pengembangan dan perbaikan, baik sebagian atau menyeluruh.


Sekarang kita akan membahas pada tingkat selanjutnya adalah kualitas lingkungan. Untuk rumah minimalis memiliki lingkungan yang sangat memperhatikan kemudahan serta kwalitas dari sarana serta prasarananya. 

Seperti sarana ibadah, sarana kebutuhan sehari-hari, sarana kesehatan, sarana pendidikan, sarana transportasi yang mudah. Lingkungan yang tidak terkontaminasi oleh polusi, baik udara ataupun suara. Untuk konsep perumahan yang diusung rumah minimalis biasanya system cluster dengan keamanan one gate dilengkapi pagar beton keliling clusternya. 

Pada rumah minimalis pemilihan lokasi menjadi sangat penting yaitu lokasi yang strategis, mudah dijangkau dengan tingkat kemacetan minim. Setidaknya banyak jalan alternative yang dapat digunakan.

Rumah minimalis memiliki niala jual yang lebih tinggi dan prosentase nilai jualnya tinggi dengan kenaikan harga minimal 3% pertahun dari harga jual. Sedangkan untuk rumah sederhana tidak memprioritaskan hal-hal diatas dari yaitu lingkungan, konsep yang diusung, keaamanan, lokasi, dan nilai jual yang lebih lambat prosentasenya setiap tahunya. 

Karena rumah sederhana biasa menjadi berkembang segala sarana dan prasarananya berbanding lurus dengan banyaknya tingkat penghuninya. Semakin cepat ramai penghuni pada perumahan rumah sederahana maka akan semakin cepat pula tingkat perkembangan lingkunganya.

Baik, jika anda sudah memahami perbedaan rumah minimalis dan rumah sederhana maka anda bisa menentukan anda berada pada situasi yang mana sebagai customer. Anda membutuhkan atau cocok dengan rumah minimalis atau rumah sederhana. Yang tentunya disesuaikan kemampuan anda saat ini dalam membeli rumah yang anda inginkan.

Hubungi : 0813-8208-3768
email      : admin@instarumah.com
LihatTutupKomentar
loading...