-->
loading...

Rumah Subsidi dan Rumah komersil? Ini Penjelasannya

Apakah perbedaan Rumah Subsidi dan Rumah Komersil


Rumah Subsidi dan Komersil - Banyak dari para calon customer masih belum memahami  perbedaan rumah subsidi dengan rumah komersial atau Komersil. Sehingga masih sering ditemui customer salah dalam hitung-hitungan kemampuanya dalam membeli unit rumah tinggal.

Kali ini akan kita bedah secara umum perbedaan antara keduanya. Yang dimaksud rumah subsidi adalah rumah yang dibantu dalam pembiayaan uang mukanya oleh pemerintah. Bantuan tersebut tidak berupa uang tunai akan tetapi berupa pengurangan pembiayaan uang muka yang harus dikeluarkan customer saat membeli rumah. Maka akan didapat biaya uang muka yang lebih kecil dari ketentuan semestinya.


"cara membeli rumah subsidi dan komersil"

Harga rumah subsidi sudah ditentukan oleh pemerintah kisaran besaranya sesuai dengan tingkat pendapatan masyarakat daerah tersebut. Jadi dalam suatu daerah nilai harga rumah subsidi itu sama, namun berbeda pada setiap daerah kabupaten atau kota. Maka rumah subsidi harus benar-benar diperuntukan untuk masyarakat kelas ekonomi menengah kebawah dan diberikan Cuma sekali haknya sepanjang hidupnya.

Maka cicilan pada rumah subsidi itu menganut suku bunga tetap atau flat sampai lunas kreditnya. Tapi jika customer ingin melunasinya maka punya kewajiban untuk melunasi seluruh tanggungan berikut dengan bunganya ataupun dendanya.

Dalam ketentuan waktu yang telah ditentukan dalam system pemberian kredit. Jika mendapatkan keringanan  itu adalah kebijakan perbankan yang mana syaratnya adalah mempunyai track record pembayaran cicilan yang bagus tanpa masalah.

Untuk Rumah komersial adalah rumah yang tidak mendapatkan bantuan atau subsidi dari pemerintah dalam pembiayaan uang mukanya. Dinamakan Komersial karena besaran uang mukanya minimal 10% dari nilai jual rumah tersebut. Karena nilai dan harga runah comersial itu disesuaikan dengan nilai jual dari daerah atau tempat dimana rumah tersebut dibangun. Serta berdasar pada nilai dari bangunan yang dibuat.

Yang mana bangunan pada rumah comersial mempunyai tingkat kualitas yang diatas rumah subsidi. Demikian juga nilai lahan yang dipergunakan adalah lahan yang mempunyai nilai jual tinggi dengan lokasi yang strategis atau berada diarea bisnis. Dewasa ini untuk lahan yang dinamakan hook (lahan lebih pada unit perumahan) maka dinilai sebagai nilai comersial meskipundimasukan sebagai jumlah KPR tetap dengan uang muka yang dibayarkan bersama uang muka unit rumah yang dibeli.

Jadi pada hal  ini terhitung sebagai unit comersial meski berdiri diperumahan subsidi. Kembali pada dasar bahwa rumah hook memiliki posisi strategis dibandingkan dengan unit lain disekitarnya. Dan dikuatkan dengan aturan pemerintah leawat perbankanya.

"perbedaan rumah subsidi dan komersil"

Maka bagi kita yang ingin membeli rumah subsidi tapi terhitung sebagai rumah comersial karena menilik dari beberapa penjelasan diatas. Banyak customer yang bertanya-tanya dan seolah tidak masuk diakal hanya sebagai siasat pengembang untuk mendapatkan keuntungan.

Maka bisa saya jawab itu tidak benar, semua memang sesuai dengan ketentuan perundangan dinegara kIndonesia. Menyikapi dari pemahaman tentang rumah subsidi dan rumah comersial maka diharapakan customer atau masyarakat dapat menempatkan kemapuanya untuk membeli rumah sesuai dengan level penghasilanya. Kenapa? supaya  yang menjadi hak subsidi mendapatkan haknya, serta customer yang punya kemampuan comersial tidak melakukan investasi property dengan banyak membeli rumah subsidi. Itu merupakan kesalahan yang bisa menimbulkan efek pribadi ataupun pada orang banyak.

Berinvestasilah sesuai dengan tingkat kemampuan baik secara SDM ataupun material, dan investasi terbaik material adalah rumah. Karena bisnis rumah adalah range nomer satu dalam bisnis, kerana rumah merupakan kebutuhan pokok dalam hidup.

Namun banyak yang masih menganggap remeh akan kebutuhan satu ini.Jika anda masih single akan sedikit berpengaruh ,namun saat anda sudah berkeluarga maka anda akan bisa merasakan dan menyimpulkanya. Bahwa rumah adalah bukan sekedar tempat berteduh dari hujan dan panas.

Hubungi : 0813-8208-3768
email      : admin@instarumah.com
LihatTutupKomentar
loading...