-->
loading...

Tips Mudah Membeli Rumah - Cara Aman Agar Tidak Tertipu

Tips Mudah Membeli Rumah - Cara Aman Agar Tidak Tertipu


Tips Mudah Membeli Rumah - Bagaimana membeli rumah atau membeli perumahan yang benar? Pertanyaan itu muncul saat anda akan membeli rumah untuk pertama kali. Mari kita kupas satu persatu kualifikasi berdasarkan cara dan aturan yang benar untuk membeli rumah.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut sebenarnya saya bisa menjawab dengan satu kalimat, namun itu tidak menjawab pertanyaan tersebut. Kalimat tersebut adalah : membeli rumah yang baik adalah belilah di perumahan yang anda sukai.

5 Hal Penting yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli rumah : 

  • Pertama berapa budget yang anda miliki? Budget akan menentukan jenis rumah yang akan anda beli.
  • Kedua adalah rumah untuk tempat tinggal atau rumah untuk investasi?
  • Ketiga adalah apakah anda sudah bekeluarga dengan beberapa anak atau masih single? 
  • Keempat yaitu lokasinya. 
  • Kelima adalah gengsi atau level dari rumah yang akan anada beli.


Budget adalah hal pertama yang anda harus pertimbangkan, yaitu sebesar apa pendapatan anda perbulan meskipun anda akan membeli rumah secara cash tetap harus melihat butjed yang anda miliki. JIka anda memiliki butjed yang tidak bisa cash maka pilihan yan utama adalah KPR.

Tentunya KPR ada beberapa macam intinya adalah KPR konvensional atau KPR syariah, anda tinggal pilih. Kemudian KPR pun anda harus menyesuaikan dengan uang muka yang akan digunakan untuk mengajukan KPR.

Setelah uang muka anda memperhatikan waktu tiga bulan sampai enam bulan pertama setelah akad kredit tersetujui, yaitu selama waktu tersebut anda sudah menghitung dan siap dengan cicilan setiap bulanya. Kenapa demikian karena setalah anda akad kredit tentunya akan ada biaya maintenance dari rumah anda yang tak terduga.

Saat waktu tiga sampai enam bualan anda sudah siap  dengan angsuran maka anda akan terhindar dari resiko kredit macet (catat). Untuk calon customer baru pertama akan memiliki rumah kusus untuk yang akan membeli dengan cara KPR maka sesuaikan dulu dengan tingkat pendapatan anda perbualan.

Syarat utama untuk rumah subsidi DP ringan antara 1 sampai 3%, dan cicilan perbulan adalah sepertiga dari pendapatan anda perbulan. Setelah ini anda hitung maka akan mudah ,enetukan jenis rumah sperti apa yang akan beli. Akan terlihat kemampuan anda sendiri apajkah rumah subsidi yang akan anda beli atau anda telah berada dilevel untuk membeli rumah komersial.

Selanjutnya adalah apakah rumah untuk tempat tinggal atau untuk investasi sebagai rumah kedua , ketiga atau seterusnya. Untuk anda yang belum pernah sama sekali membeli rumah jika anda akan membeli rumah subsidi maka hak anda adalah sekali seumur hidup. Jika anda belum memiliki identitas single meski sudah menikah dengan kata lain belum satu Kartu keluarga dengan istri maka anda bias memiliki hak sama masing-masing individu.

Namun jika sudah satu kartu keluarga maka salah satu haknya yang berlaku dan akan gugur setelahnya. Maka gunakanlah kesempatan yang baik jika anda masih single atau sendiri dalam status di identitas. Untuk rumah komersial anda bias memiliki beberapa rumah atau bias beli rumah lagi meski sebelumnya sudah membeli rumah subsidi atau komersial.

Dengan catatan setiap pembelian rumah kedua dan seterusnya dengan system KPR komersial besaran uang mukanya akan lebih besar dari rumah sebelumnya, terus berlaku tidak surut. Tentunya tingkat penghasilan akan tetap menjadi Acuap utamanya. Bagi anda yang akan membeli rumah untuk tempat tinggal  maka anda sebenarnya berada pada bagian belum pernah membeli rumah sebelumnya.

Maka akan banyak pertimbangan berikutnya yang akan menjadi pertimbangan secara pribadi sebagai tempat tinggal. Karena saat semua syarat terpenuhi namun jika anda tidak menemukan mood pada rumah tersebut itu tidak akan membuat nyaman anda bertempat tinggal.

Pada hal selanjutnya adalah apakah anda sudah berkeluarga atau belum. Jika anda sudah bekeluarga maka saat anda mengajukan KPR meski itu yang pertama kali maka jumlah anggota keluarga akan terhitung sebagai biaya pengeluaran anda yang mana akan terkorelasi pada besaran penghasilan anda setiap bulan.

Maka syarat yang tersebut diatas sebagai uang muka dan beban biaya hidup akan terhitung untuk menentukan apakah anda akan mendapatkan kredit atau tidak.

Selanjutnya adalah lokasi rumah yang akan anda beli. Hal yang paling utama adalah akses menuju rumah tersebut mudah, tidak jauh dari tempat anda bekerja. Setidaknya tidak menyulitkan anda saat beraktifitas sehari-hari. Dan yang tidak akalh penting adalah ketersediaan air bersih serta tidak banjir.

Yang kelima adalah hal yang sebenarnya tidak terlalu penting atau utama. Nmaun ini menjadi hal yang penting pada sebagian dari anda. Rumah adalah cerminan dari gaya hidup dan penghasilan atau ssebagai brand image dari diri anda dimata masyarakat, keluarga atau sahabat anda. Maka pilihlah Rumah yang memiliki level atau kelas saat namanya disebut. Rumah seperti ini memiliki beberapa ciri, maka akan saya jelaskan pada tulisan saya yang lain.

Rumah adalah kebutuhan pokok setiap manusia. Tempat tinggal adalah kebutuhan pokok dari setiap makhluk hidup maka prioritaskan ssebagai hal paling prioritas dalam hidup anda.


Hubungi : 0813-8208-3768
email       : admin@instarumah.com
LihatTutupKomentar
loading...