-->
loading...

Wajib !! Inilah Syarat KPR Rumah Bersubsidi [ Terbaru ]

PERSYARATAN KPR RUMAH SUBSIDI


Apakah Persyaratan KPR rumah subsidi yang benar? Dalam pembelian rumah system kredit atau sering disebut KPR (Kredit Pemilikan Rumah) banyak yang masih belum memahami dengan benar syarat yang dapat diberikan kredit.

Untuk calon customer kususnya untuk pembelian rumah subsidi atau sering disebut rumah sederhana, harus benar-benar memperhatikan syarat yang benar. Syarat utama customer yang akan membeli rumah subsisdi adalah customer hanya memiliki hak sekali sepanjang hidupnya, kemudian hak tersebut akan gugur begitu sudah diberi kredit dan telah menikah. Jika istri atau suami sudah pernah mengambil KPR maka hak suami atau istri akan gugur sedemikian rupa. 

Selanjutnya yang harus diperhatikan utamanya dalam aplikasi persyaratan customer adalah mempunyai BI checking bersih, dalam artian customer tidak memiliki catatan buruk dalam sejarah kreditnya dengan Bank, untuk kredit apapun.

instarumah.com
Dalam istilah perbankan dikenal dengan collection yaitu customer mempunyai tunggakan yang tidak terselesaikan dengan kredit sebelumnya, meskipun kredit barang murah dengan nilai kecil. Itu akan menjadi catatan merah bagi Bank kepada customer dalam memberikan kredit. Maka sebenarnya banyak customer yang tidak berani jujur kepada marketing  karena alasan malu atau yang lainya jika sebelumnya memiliki kredit macet. 

Sehingga banyak customer yang merasa kecewa saat gagal mengajukan kredit saat semua proses pengajuan KPR telah ditempuh, padahal hal tersebut dapat dicari solusinya sebelum customer melakukan sebuah proses pengajuan kredit. 

Solusinya bagaiman? Salah satunya adalah menyelesaikan kredit macetnya jika masih maximal collection 2 di Bank Indonesia, sehingga customer mempunyai bukti pelunasan yang mana namanya bersih dari kredit bermasalah. 

Atau solusi yang biasa ditempuh adalah dengan menggunakan nama orang lain baik yang berkaitan keluarga dan tidak. Terus bagaimana jika mmenggunakan nama orang lain? Supaya aman dalam menjaga kepercayaan maka setelah akad kredit buat perjanjian denga Notaris.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam menempuh KPR rumah subsidi adalah customer harus memiliki penghasilan tetap perbulan setidaknya tiga kali dari besaran angsuran yang akan diangsur. Contoh jika angsuran rumah perbulan kira-kira satu juta rupiah maka penghasilan customer perbulan mencapai angka tiga juta sampai empat juta untuk status single. 

Bagi customer status menikah setidaknya memiliki penghasilan empat juta sampai lima juta rupiah. Jika itu sudah terpenuhi maka hal yang harus disiapkan adalah persyaratan identitas diri yang benar. Seperti KTP, KK dan surat keterangan domisili tempat tinggal jika customer ber KTP luar daerah tempat pengajuan kredit rumah. 

Lalu surat aktif kerja serta surat pengangkatan karyawan tetap dari perusahaan tempat bekerja. Jika pada era sekarang jumlah karyawan tetap sangat terbatas karena undang-undang mengatakan pengaturan tentang karyawan kontrak maka seyogyanya karyawan kontrak yang sudah bekerja lebih dari dua tahun serta memang BANK memberikan kredit bagi customer dengan status tersebut, maka secara kualifikasi bisa mengajukan kredit.

Untuk jenis pekerjaan jasa, maka customer harap untuk sedikit menunda keinginanya mengambil kredit KPR. Karena jenis pekerjaan jasa memang belum masuk kategori safety dalam aturan kredit.

Persyaratan lain yang harus diperhatikan oleh customer adalah menyiapkan slip gaji selama tiga bulan berturut asli dan bulan terakhir berturut. Kemudian surat-surat pengajuan kredit yang harus bertanda tangan serta bercap perusahaan harus benar sesuai ketentuan. Jangan sampai terjadi ketidak singkronan data yang diisi customer pada appplikasi pengajuan kredit dengan keteramgan perusahaan saat Bank mengkonfirmasi dengan perusahaan tempat bekerja. 

Berikanlah kontak perusahaan dan kontak persone yang berkaitan secara tepat dan on line setiap saat. Inti dari pembahasan ini adalah customer jangan sampai memberikan keterangan manipulative tentang data diri serta data-data yang diminta oleh Bank tempat pengajuan kredit.

Maka jika pemerintah sudah mebantu masyarakat dengan memberikan subsidi dalam pembelian rumah subsidi, sudah sepatutnya masyarakat mengutamakan pembelian rumah tinggal dari pada pengambilan kredit objek lain, yang bukan kebutuhan pokok manusia.

Belilah saat sudah ada kemampuan sebelum kemampuan itu diambil Yang Maha pemilik kehidupan. Warisan yang baik selain ilmu adalah tempat tinggal untuk generasi kita.

Hubungi : 0813-8208-3768
email       : admin@instarumah.com
LihatTutupKomentar
loading...